Penilaian dan pelaporan perkembangan anak usia dini merupakan bagian penting dalam rangkaian pelaksanaan pendidikan anak usia dini. Penilaian dan pelaporan memiliki banyak makna dan tujuan, yang utamanya berpusat pada bagaimana memahami dan mengetahui perkembangan yang dicapai anak setelah mendapatkan rangsangan pembelajaran.
Penilaian pada pendidikan anak usia dini bersifat proses sehingga tidak hanya dilaksanakan satu atau dua kali pada waktu tertentu saja, tetapi secara berkesinambungan dan terus-menerus.
Penilaian pada pendidikan anak usia dini dilaksanakan pada saat anak bermain, berinteraksi dengan teman atau guru, saat anak mengomunikasikan pikiran melalui hasil karyanya. Hal penting yang harus dipahami dan dirubah pemahaman guru bahwa hasil karya anak bukan untuk dinilai bagus tidaknya tetapi untuk dianalisa kemajuan perkembangan yang di capai anak.
Penilaian perkembangan dalam pendidikan anak usia dini bukan hal yang sederhana karena banyak faktor yang perlu diperhatikan pada saat pengumpulan fakta, analisa terhadap perilaku anak saat bermain, dan analisa hasil karya anak.
Keseriusan, ketelitian mengamati dan objektivitas di dalam pengelolaan fakta tanpa dicampuri dengan asumsi-asumsi, menjadi data yang mampu menggambarkan siapa dan bagaimana anak sesungguhnya. Data-data inilah yang kemudian dikomunikasikan kepada orang tua sebagai laporan untuk ditindaklanjuti bersama, baik di satuan PAUD maupun pengasuhan di rumah.
.
Berikut ini adalah tulisan singkat tentang kupas tutnas panduan penilaian hasil pembelajaran PAUD yang dapat digunakan oleh para guru di sekolah PAUD :
- Pengertian Penilaian Hasil Belajar Anak Usia Dini (PAUD), Lihat Disini
- 4 Proses Penilaian PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Lihat Disini
- Manfaat Penilaian PAUD Bagi Anak, Guru dan Orangtua, Klik Disini
- 8 Prinsip Penilaian Hasil Belajar Anak Usia Dini (PAUD), Klik Disini
- Pengertian Penilaian Otentik PAUD & Lingkup Penilaian, Baca Disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar