Rabu, 18 Januari 2017

Ujian Nasional

 UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003
Akreditasi
Pasal 60
(1) Akreditasi dilakukan untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan pada jalur                 pendidikan formal dan nonformal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan.
(2) Akreditasi terhadap program dan satuan pendidikan dilakukan oleh Pemerintah dan/atau lembaga           mandiri yang berwenang sebagai bentuk akuntabilitas publik.
(3) Akreditasi dilakukan atas dasar kriteria yang bersifat terbuka.

(4) Ketentuan mengenai akreditasi sebagaimana dimaksud pada


Pasal 61
  1. Sertifikat berbentuk ijazah dan sertifikat kompetensi.
  2. Ijazah diberikan kepada peserta didik sebagai pengakuan terhadap prestasi belajar dan/atau penyelesaian suatu jenjang pendidikan setelah lulus ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan yang terakreditasi



PP 19 Tahun 2005
Pasal 67
      1.   Pemerintah menugaskan BSNP untuk menyelenggarakan ujian nasional yang diikuti peserta                didik pada setiap satuan pendidikan jalur formal pendidikan dasar dan menengah dan jalur                   nonformal kesetaraan.
                                                                  Pasal 69
      2. Setiap peserta didik jalur formal pendidikan dasar dan menengah dan pendidika jalur                            nonformal kesetaraan berhak mengikuti ujian nasional dan berha kmengulanginya sepanjang              belum dinyatakan lulus dari satuan pendidikan

Tidak ada komentar: